Sagon Basah Khas Wonosobo Bu Tri

By Sedulur Pasar - December 26, 2018

Sagon Basah Khas Wonosobo Bu Tri - Yang biasa pergi ke Pasar Induk Wonosobo pasti tidak asing dengan makanan satu ini, "Sagon" namanya, makan tradisional khas Wonosobo yang terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa ini dimasak dengan cara dipanggang dengan tungku arang, aroma arang kayu yang terbakar bercampur dengan matangnya adonan sagon sangat sedap dan menggugah selera.

Pewarta. Anji/Eko

https://www.sedulurpasar.com/2018/12/sagon-basah-khas-wonosobo-bu-tri.html


Sagon Basah Khas Wonosobo Bu Tri

Menurut cerita kakak beradik bu Tri dan pak Slamet dahulu Pasar Induk Wonosobo memiliki area los khusus untuk penjual sagon, sepengetahuan pak Slamet disekitar tahun 50an ada 13 orang yang berjualan sagon, namun pak Slamet dan bu Tri hanya mengingat nama mbah Sopinah, mbah Atmo, mbah Joyo, mbah Roto, mbah Ton, dan mbah Mungin saja yang berjualan sagon.

Sagon bu Tri sekarang adalah penjual sagon generasi ke 3, generasi pertamanya adalah mbah Sopinah yang mulai berjualan sagon pada sekitar tahun 1950, generasi kedua pak Sukarno dan generasi ke tiga berjualan sagon adalah kakak beradik  bu Tri dan pak Slamet. "Kakak saya berjualan disekitar tahun 1965 dan saya mulai sekitar 1979 mengikuti berjualan sagon, lapak kami saling membelakangi" jelas pak Slamet.

Sagon bu Tri Sekarang berada di pasar penampungan  jalan Resimen, menempati ukuran 1x2 meter. Sebelum terbakar ditahun 2014 lapaknya berukuran 13x2 meter, menurut pak Slamet saat pembagian lapak pasar penampungan paska terbakar di tahun 2014 ia tidak mendapatkan  bagian lapaknya. "Saya sampai bersitegang dengan petugas Dinas Perdagan" jelasnya dengan nada tinggi. Namun hingga akhir ia tidak mendapat jawaban yang memuaskan meski berkali kali menanyakan, diakhir cerita lapak sebelah milik sate pak Dikun memberikan sebagian kecil area lapak yang berukuran  1x2 meter kepadanya.

https://www.sedulurpasar.com/2018/12/sagon-basah-khas-wonosobo-bu-tri.html

https://www.sedulurpasar.com/2018/12/sagon-basah-khas-wonosobo-bu-tri.html

Sebagai penjual sagon generasi ke-3 Sagon bu Tri dahulu memiliki pelanggan yang banyak karena rasanya yang memang mampu menggoyang lidah. "Sekarang omsetnya menurun tidak seperti saat di Pasar Induk Wonosobo sebelum terbakar, tetapi kini sudah lumayan meski tidak seperti dulu sebab pelanggan sudah mengetahui posisi tempat berjualan kami" kata Slamet sembari meletakkan sagon yang sudah matang.

Sagon Bu Tri melayani pemesanan
di nomor 0855 2852 8996



Editor.Manjie


  • Share:

You Might Also Like

0 comments