Sagon Basah Khas Wonosobo Bu Salbiah

By sedulurpasar - December 29, 2018

Sagon Basah Khas Wonosobo Bu Salbiah - Sagon makanan khas Wonosobo yang satu ini hanya bisa ditemui disekitar Pasar Induk Wonosobo, peminatnya kebanyakan hanya orang -orang tua sebagai teman minum teh dikala senggang. Sungguh disayangkan banyak generasi muda yang belum pernah mencicipi betapa gurih dan nikmatnya sagon yang menjadi warisan kuliner di Kabupaten Wonosobo.

Pewarta. Anji

https://www.sedulurpasar.com/2018/12/sagon-basah-khas-wonosobo-bu-salbiah.html

Sagon Basah Khas Wonosobo Bu Salbiah

Bu Salbiah dengan terampil membolak-balik cetakan adonan sagon ditungku  arang yang membara, tak heran ketrampilan itu ia dapat dari pengalaman  sejak tahun 1970 berjualan sagon di Pasar Induk Wonosobo. Bu Salbiah bercerita bahwa dulu orang tuanya berjualan pakaian di pasar, namun ia mempunyai pilihan berbeda dengan berjualan sagon di tahun 1970 hingga sekarang.

"Sagon itu makanan Khas Wonosobo, memang tidak setenar mie ongklok dan tempe kemul, tapi ini tetap warisan kuliner  Wonosobo yang membanggakan" ujar bu Salbiah, meski mengaku bangga bahwa sagon adalah makanan khas tapi ia menyayangkan bahwa peminatnya hanya orang -orang tua.

Tak heran peminat sagon hanya dikalangan tua saja, sebab rat-rata yang pergi ke pasar memang didominasi oleh orang tua, "Sangat jarang anak muda yang pergi belanja ke pasar, sementara sagon hanya dijual disekitar Pasar Induk Wonosobo, jadi sangat wajar banyak anak muda yang hanya tahu namanya saja tanpa pernah mencium aroma dan rasa sagon yang  sedap" jelasnya.

https://www.sedulurpasar.com/2018/12/sagon-basah-khas-wonosobo-bu-salbiah.html

Lapak Sagon bu Salbiah ada di Pasar Penampungan Jalan Resimen, kurang lebih 50 meter dari Salon Cantique kearah selatan. Sagon basah khas Wonosobo bu Salbiah dijual dengan harga Rp. 2.500/sagon


Editor. Manjie




  • Share:

You Might Also Like

0 comments