Eksis Jualan Buah Sejak 1972

By Sedulur Pasar - December 21, 2018

Eksis Jualan Buah Sejak 1972 - Warga Kampung Tanggung yang berjualan di Pasar Induk Wonosobo sejak 1972 ini tetap Eksis berjualan buah hingga sekarang, ia berjualan buah meneruskan usaha orang tuanya yang lebih dahulu berjualan di Pasar Induk Wonosobo , meski begitu Sukimin tidak tidak mengingat sejak tahun berapa orangtuanya berdagang di Pasar Induk Wonosobo.

Pewarta. Trimbil

https://www.sedulurpasar.com/2018/12/eksis-jualan-buah-sejak-1972.html

Eksis Jualan Buah Sejak 1972

Sukimin lahir di Solo pada tahun 1948,  warga kampung Tanggung Wonosobo Barat ini mulai berjualan buah sejak umur muda belia dari tahun 1972 di Wonosobo membantu kakek dan neneknya yang sudah terlebih dahulu berjualan, Sukimin paham betul dengan situasi pasar di Wonosobo, kapan waktunya dagangan laris atau kapan biasanya sepi ia telah menghafalnya.

Yang menarik dari Sukimin adalah dialegnya, meski bukan asli wonosobo tetapi ia sudah sangat Wonosobo sekali, "Saking lamanya berada disini, dialeg saya sudah menyatu dengan Wonosobo sehingga jarang yang tahu kalau saya asli Solo" Aku Sukimin.

Sejak ia bertekat merantau dan menggantungkan nasibny dengan berjualan di Pasar Induk Wonosobo sudah suka duka ia lalui. kini usianya sudah 70 tahun, meski begitu semangatnya teteap tinggi untuk tetap berdagang di pasar penampungan setelah kebakaran Pasar Induk 2014. Menurut cerita Sukimin keadaan pasar penampungan jauh dikata layak, omsetnya berkurang hingga 80%, meski begitu ia tetap tak bergeming ketika anak anakanya menyarankan untuk berjualan di luar pasar.

"Bagi saya berjualan di Pasar bukan hanya sekedar mencari nafkah, disini saya menemukan banyak saudara entah itu sesama pedagang maupun pelanggan saya" ucap pria yang selalu menolak ketika diberi saran untuk tidak berjualan di pasaroleh anak-anaknya.

Meski mengalami penurunan pembeli yang sangat drastis dipasar Induk Wonosobo selama 4 tahun ini, ia tetap berharap agar masalah pembangunan pasar segera selesai. "Saya cuma bisa berharap untuk bisa segera dibangun Pasar Induk Wonosobo ini, karena ini kondisi terparah pasar setelah kebakaran 4 kali" desah Sukimin lirih.

Editor. Manjie


  • Share:

You Might Also Like

1 comments